Ilustrasi, hutan/cdn.futura-sciences.com
Ilustrasi, hutan/cdn.futura-sciences.com

Pentingnya Hutan untuk Kehidupan (Bagian II)

Kawasan perairan teritorial Indonesia yang luas dan kekayaan lautan Hindia dan pasifik barat lebih lanjut lagi menambah kekayaan keanekaragaman hayati

Bollo.id — Indonesia memiliki keragaman hayati yang mengagumkan, 10 dari spesies berbunga yang ada di dunia, 12 persen dari spesies Mamalia dunia. Kemudian, 16 dari seluruh spesies Reptil dan Amfibi di dunia, 17 persen dari seluruh spesies burung (Aves) di dunia.

Serta memiliki 25 persen dari semua spesies ikan di dunia, yang sudah dikenal manusia. Dari segi keanekaragaman jenis, Indonesia mempunyai kekayaan jenis-jenis Palem yang terbesar di dunia. Lebih dari 400 jenis kayu Dipterocarp (jenis kayu komersial terbesar di Asia Tenggara).

Dan kurang lebih 25 ribu tumbuh-tumbuhan berbunga serta beraneka ragam fauna. Indonesia menduduki tempat pertama di dunia dalam kekayaan jenis Mamalia (515 jenis, 36 persen diantaranya endemik). 


Baca juga: Malang Nian Nasibmu Harimau


Menduduki tempat pertama juga dalam kekayaan jenis kupu-kupu Swallowtail (121 jenis, 44 persen diantaranya endemik). Ada di tempat ketiga dalam kekayaan jenis Reptil (lebih dari 600 jenis) dan posisi keempat dalam kekayaan jenis burung (Aves) 1519 jenis, 28 persen diantaranya endemik. 

Indonesia sekaligus menduduki tempat kelima dalam kekayaan jenis Amfibi (lebih dari 270 jenis) dan tempat ketujuh dalam kekayaan Flora berbunga. Demikianlah esai yang ditulis Singky Soewadji, pemerhati Satwa Liar sekaligus Koordinator Aliansi Pecinta Satwa Liar Indonesia (APECSI) yang diterima redaksi Bollo.id.


Dukung kami

Bollo.id adalah media independen dan tidak dikuasai oleh investor. Sumber keuangan kami tidak berasal dari industri ekstraktif atau pihak-pihak yang memiliki afiliasi dengan industri tersebut. Dukung kami dengan berdonasi, agar bollo.id terus bekerja demi kepentingan publik.

Donasi melalui: bit.ly/donasibollo


Kawasan perairan teritorial Indonesia yang luas dan kekayaan lautan Hindia dan pasifik barat lebih lanjut lagi menambah kekayaan keanekaragaman hayati. Indonesia mempunyai habitat pesisir dan lautan yang kaya. 

Sistem terumbu karang yang ekstensif di lautan yang jernih sekitar Sulawesi dan Maluku termasuk di antara ekosistem terumbu karang yang terkaya di dunia. Satu lagi, lima dari tujuh jenis Penyu langka di dunia, habitatnya di Indonesia. 


Singky Soewadji

Koordinator Aliansi Pecinta Satwa Liar Indonesia (APECSI).

Tinggalkan balasan

Your email address will not be published.

Terbaru dari Essay

Malang Nian Nasibmu Harimau

Banyaknya perburuan liar serta tekanan terhadap habitat aslinya membuat Harimau menjadi terancam yang nasibnya kian malang

ollo.id adalah media independen dan tidak dikuasai oleh investor. Sumber keuangan kami tidak berasal dari industri ekstraktif atau pihak-pihak yang memiliki afiliasi dengan industri tersebut.
Skip to content